Ini Daftar Nama Proyek Infrastruktur di IKN Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (25/10/2022). - Istimewa

Bendungan Sepaku Semoi
Progres Bendungan Sepaku Semoi di ibu kota negara nusantara (IKN) mencapai 82%. Pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan bendungan selesai dan bisa diisi air atau impounding pada Juni 2023 mendatang.

5.  Jalan Tol IKN: Jalan Tol IKN akan memangkas jarak tempuh hanya 30 menit saja. Rinciannya adalah, pertama seksi 3a yakni Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,40 kilometer (km). Kemudian, seksi 3b ruas Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,325 km.

Ketiga, seksi 5a Jalan Tol IKN Segmen Sp.Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,675 km. Keempat ada seksi 6 Jalan Tol IKN Segmen Bandara VVIP -Rencana outer RR KIPP sepanjang 5,77 km.

Saat ini Jalan Tol IKN itu belum ada yang selesai, masih dalam tahap pembangunan awal. Sementara yang sudah jadi 100% yakni Jembatan Pulau Balang penyambung Jalan Tol Menuju IKN.

29 Proyek IKN Sudah Teken Kontrak
Saat ini ada 29 proyek di ibu kota negara (IKN) Kalimantan Timur yang sudah teken kontrak. Proyek itu termasuk dalam pembangunan infrastruktur di bawah Kementerian PUPR tahap I tahun 2022 sampai 2024.

Dalam deretan proyek itu ada pembangunan rumah menteri, Jalan Tol IKN, Kantor Presiden, Kantor Sekretariat Presiden, hingga sejumlah kantor Kementerian. Jadi, 29 paket proyek itu akan dibangun dan ditargetkan selesai pada 2024.

Sebanyak 29 proyek yang sudah teken kontrak itu bernilai Rp 25 triliun. Sementara total yang direncanakan PUPR sebanyak 34 paket proyek dengan total anggaran sebesar Rp 46 triliun.

Berita terkait