Dinas Pariwisata Kota Jogja Gelar Festival Kampung Wisata 2023

  • Whatsapp
Kegiatan Festival Kampung Wisata. - Istmiewa.
banner 728x90

JOGJA,- Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Pariwisata Kota Jogja berkolaborasi bersama Forum Komunikasi Kampung Wisata menggelar Festival Kampung Wisata 2023.

Wahyu Hendratmoko selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, menjelaskan bahwa Festival Kampung Wisata merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk menunjukkan potensi dan eksistensi dari kampung wisata yang ada di Kota Yogyakarta. 

Jumlah kampung wisata ada 25 terdiri dari Kampung Wisata Tamansari, Sosromenduran, Sekarniti Gedongkiwo, Dipowinatan, Rejowinangun, Warungboto, Kadipaten, Cokrodiningratan, Pandeyan, Pakualaman, Tahunan, Kauman, Prenggan, Dewobronto, Bener, Kricak, Sayidan, Purbayan, Ratmakan, Suryatmajan, Patangpuluhan, Bausasran, Sura Amerta dan Baciro.

“Dengan mengambil tema Masyarakat Kreatif Kampung Wisata Produktif yaitu Semangat kampung wisata untuk menumbuh kembangkan kreatifitas untuk mendukung kegiatan wisata di wilayahnya. Pada hakekatnya pola berkehidupan kreatif itu dilandasi dengan semangat dan etos kerja yang tinggi, namun tetap selalu mengedepankan Gotong-royong untuk kampung wisata yang produktif,” katanya dalam rilisnya, Selasa (14/2/2023).

Pariwisata di Kota Yogyakarta dengan terletak pada kekayaan seni budaya, keragaman objek, dan kreativitas warganya dalam upaya mengangkat berbagai keunikan yang dimiliki untuk diolah menjadi sesuatu yang layak jual atau layak untuk ditampilkan bagi wisatawan yang mengunjungi.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengangkat potensi kekayaan seni budaya, keragaman objek, dan kreativitas warganya tersebut adalah melalui event Festival Kampung Wisata. Festival Kampung Wisata merupakan acara tahunan dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan dengan maksud untuk menampilkan potensi-potensi wisata yang ada di Kampung Wisata di kota Yogyakarta baik dari potensi kuliner, potensi daya tarik wisata sampai dengan potensi budaya yang ada di Kampung Wisata tersebut.

“Festival Kampung Wisata tahun 2023 ini akan diikuti oleh 4 Kampung Wisata antara lain Kampung Wisata Cokrodiningratan, Sosromenduran, Ratmakan dan Suryatmajan. Kegiatan ini juga didukung 20 kampung wisata lainnya yang menampilkan UMKM di wilayahnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat lebih menguatkan branding dan mengangkat potensi wisata yang ada di Kampung Wisata Se-Kota Yogyakarta, membangun kembali jiwa kreatif masyarakat dengan berjalan bersama untuk kemajuan kampung wisata.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menunjukkan eksistensi aktivitas pariwisata di Kampung Wisata, mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan memperpanjang waktu kunjungan wisata khususnya di kampung wisata dan memberdayakan masyarakat melalui sektor industri pariwisata,” ujarnya. ***

Editor/Sumber: Riky/harianjogja.com

Berita terkait