Pemkot Palu Gelar Lomba Rangking 1 di Taman Nasional, untuk Menyambut HPSN

  • Whatsapp
FOTO: HUMAS PEMKOT PALU

PALU,– Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar lomba ranking 1 untuk menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di Taman Nasional, minggu (19/02/2023).

Lomba tersebut diikuti sebanyak 150 peserta dari beberapa organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkot Palu.

Moh Arif Lamakarate selaku Kepala DLH Kota Palu mengatakan, lomba ini adalah rangkaian HPSN Tahun 2023 yang akan jatuh pada tanggal 21 Februari.

“Pada puncak peringatan HPSN tersebut seluruh kabupaten dan kota di Indonesia bakal membuat event bernuansa kebersihan untuk menciptakan lingkungan sehat dari sampah,” kata Arif.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai ajang untuk melatih penanganan dan peduli lingkungan yang lebih baik dalam hal sampah.

Selain itu, lanjut Arif, adapula lomba fashion street bertema produk daur ulang yang diikuti puluhan peserta dari kalangan anak SD hingga perguruan tinggi.

“Fashion street melatih anak-anak sejak dini agar dapat memanfaatkan sampah daur ulang menjadi barang bisa dipakai dan tentunya melatih mereka tentang kebersihan lingkungan sejak dini,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DLH Kota Palu, Ibnu Mundzir, mengatakan, pada HPSN 2023 kali ini, pihaknya ingin mengajak semua pihak untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat tentang sampah, pengelolaan kebersihan dan partisipasi dalam kampanye retribusi pelayanan sampah.

“HPSN tahun ini diharapkan menjadi wahana untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah di tingkat yang paling rendah yaitu masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, DLH Kota Palu akan membuat multi event yang bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai kebersihan lingkungan.

Di hari puncak peringatan HPSN, kata dua, juga ada kegiatan yang bertema “Mana Aksimu” yang akan diikuti oleh seluruh OPD, mahasiswa, komunitas, petugas padat karya, Perempuan Adipura dan lainnya.

“Mana Aksimu juga bagian dari kampanye Adipura, dan kita mengetahui bersama itu adalah program prioritas pemerintah kota,”diadakan,Tuturnya

Terakhir, kata Ibnu, pada acara puncak nanti di tanggal 24 Februari 2023, bakal dibuat apel akbar yang diikuti 15 ribu peserta, sekaligus pengumuman juara lomba. ***

Editor: Riky

Berita terkait