Pemkot Palu launching Kamis Palu ber-KB, Tingkatkan kesejahteraan ibu dan anak

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid didampingi Wakil Wali Kota Palu dr. Reny A. Lamadjido dan Ketua TP-PKK Kota Palu Diah Puspita secara resmi melaunching Kamis Palu ber-KB. Kamis, (2/2/2023). Bertempat di aula kantor Kecamatan Palu Selatan. Walikota Mengapresiasi langkah Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palu yang pada hari ini telah memulai pelaksanaan Kamis Palu Ber-KB.

“Sesuai dengan namanya, pelayanan ini akan dilaksanakan setiap hari kamis pekan berjalan guna memperkuat program pembangunan keluarga berencana (bangga kencana) dan untuk mempermudah memberikan pelayanan pada masyarakat” Ucap Hadianto Rasyid Walikota Palu.

Walikota Palu juga menyampaikan Hakekat pembangunan nasional sebagai pengamalan pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yakni pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini melatarbelakangi terbitnya Undang-Undang No. 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Penduduk Dan Pembangunan Keluarga adalah upaya untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mengembangkan kualitas.

“Pembangunan keluarga merupakan bagian integral dari pembangunan budaya, sosial ekonomi bangsa yang tidak dapat dipisahkan dengan pembangunan sektor lainnya” Ujar Walikota Palu

Oleh karena itu, Walikota Palu juga menyampaikan dengan dilaksanakannya Kamis Palu Ber-KB yang menyasar Pasangan Usia Subur (PUS) ini bertujuan untuk menurunkan tingkat kelahiran dengan cara penggunaan kontrasepsi secara berkelanjutan.

Sehingga meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak serta mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera melalui pengendalian kelahiran dan pengendalian pertumbuhan penduduk Indonesia khususnya kota Palu.

“Selain itu, terciptanya penduduk yang berkualitas, sumber daya manusia yang bermutu, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga” kata Walikota.

Di samping itu, pelaksanaan Kamis Ber-KB juga guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB, sehingga meningkatkan capaian peserta KB aktif dan peserta KB baru.

Walikota Palu menyampaikan Adapun ruang lingkup pelayanan Kamis Palu Ber-KB ini meliputi komunikasi, informasi, dan edukasi atau kie, konseling, dan pelayanan kb di masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan lansia yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Palu pada tiap kelurahan setiap hari Jumat.

“Selaku wali kota saya berharap dengan adanya inovasi ini, masyarakat kota Palu dapat memanfaatkan pelayanan ini dengan baik” Harapnya.
Sehingga meningkatkan pelayanan kesehatan ibu, anak, dan lansia, meningkatkan peran serta masyarakat, dan meningkatkan  pengetahuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat. *** Hidayat

Berita terkait