Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Akun Instagram Ganjar dan Wayan Digeruduk Warganet

  • Whatsapp

Jakarta,- FIFA telah resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pengumuman lengkap ditayangkan di situs resmi FIFA dalam empat bahasa.

Keputusan FIFA tersebut diambil setelah bertemu Ketua PSSI Erick Thohir. Diketahui, Erick diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan isu Piala Dunia U-20 dengan FIFA.

Keputusan tersebut disampaikan langsung melalui rilis resmi mereka pada Rabu (29/3/2023) malam WIB. Posisi Indonesia sebagai lokasi penyelenggara sejak awal memang sudah terancam menyusul adanya gelombang penolakan partisipasi Israel di FIFA World Cup U-20 2023.

FIFA bahkan langsung mengambil sikap tegas dengan membatalkan drawing yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada Jumat (31/3/2023) setelah Gubernur I Wayan Koster menyampaikan surat penolakan terhadap Israel kepada Kemenpora.

“Menyusul adanya pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketum PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akibat situasi saat ini,” tulis FIFA melalui rilis resminya, dikutip dari kanal Bola LIputan6.com.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal pelaksanaan turnamen tetap tidak berubah. Potensi sanksi untuk PSSI juga akan diputuskan setelahnya,” sambung federasi sepak bola dunia tersebut.

Buntut dari pembatalan tersebut mengundang berbagai reaksi dari publik Indonesia termasuk para warganet. Banyak yang menggeruduk akun Instagram Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga menolak kehadiran tim U-20 Israel di Jawa Tengah.

Berita terkait