Profil Moonbin ASTRO, Idol K-Pop Meninggal Dunia di Usia 25 Tahun

  • Whatsapp
Moonbin ASTRO (Foto: Naver.com)
banner 728x90

Jakarta,- Kabar duka tengah menyelimuti industri hiburan Korea Selatan atau K-Pop. Moonbin ASTRO ditemukan meninggal dunia di rumahnya di distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan pada Rabu (19/4/2023) pukul 20.10 KST atau 18.10 WIB. Kabar meninggalnya Moonbin pertama kali diketahui oleh sang manajer.

Menurut informasi Kepolisian Gangnam Seoul, sang manajer menemukan Moonbin sudah tergeletak tidak bernyawa di rumahnya. Tidak ada tanda-tanda pembunuhan di tubuhnya saat pertama kali ditemukan. Menurut kantor berita Yonhap, polisi menduga dia meninggal dunia karena mengakhiri hidupnya sendiri.

Namun, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan autopsi terkait penyebab pasti kematian Moonbin. Jenazah Moonbin kini telah disemayamkan di Asan Medical Center Seoul. Prosesi pemakamannya akan dilangsungkan secara tertutup pada Sabtu (22/4/2023).

Dilansir dari Instagram @astroid_, tanggal 20 April merupakan ulang tahun mama Moonbin. Fakta Moonbin meninggal dunia tepat sehari sebelum ulang tahun mamanya membuat para fans ASTRO semakin bersedih.

Kabar duka ini juga membuat para fans K-Pop di seluruh dunia, termasuk fans di Indonesia berduka. Tagar Rest in Peace Moonbin dan Rest in Love Moonbin pun menjadi Trending Topic di Twitter pada Rabu (20/4/2023).

Lantas, siapa sosok Moonbin ASTRO? Untuk lebih mengenal dan mengenang sosoknya yang berbakat dan selalu ceria sejak kecil, berikut ini profil dan biodatanya:

Profil Moonbin ASTRO
Moonbin lahir pada 26 Januari 1998 di Cheongju, Chungbuk, Korea Selatan dan kini berusia 25 tahun. Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Moon Sua, member girlgroup K-Pop Billie. Sebelum berkarier bersama ASTRO, dia sudah memulai kariernya sejak tahun 2004.

Moonbin mengawali kariernya sebagai model cilik pada tahun 2004 saat usia 6 tahun. Namanya mulai dikenal setelah tampil di video musik TVXQ sebagai mini U-Know Yunho dalam lagu berjudul “Ballons” tahun 2006 silam.

Pada tahun 2009, Moonbin memulai debut akting sebagai aktor cilik dalam drama Korea populer berjudul Boys over Flower. Setelah itu, dia debut sebagai member ASTRO pada 23 Februari 2016 dengan lagu “Hide & Seek”. Di grup ASTRO, dia mengisi posisi sebagai main dancer, rapper, dan vocalist.

Moonbin juga aktif berkarir dengan tampil di variety show, MC dan membintangi sejumlah drama Korea. Dia telah membintangi sederet drama Korea berjudul Boys over Flower (2009), Forover Young (2014), To be Continued (2015), Sweet Revenge (2017), Moment of Eighteen (2019), The Mermaid Prince (2019) dan Find Me If You Can (2021).

Sebagai member ASTRO, Moonbin juga tergabung dalam sub-unit bersama Sanha bernama Moonbin & Sanha yang debut pada September 2020. Selama promosi sebagai sub-unit Moonbin & Sanha, dia telah merilis tiga album dan tengah sibuk melakukan tur dunia.

Sub-unit Moonbin & Sanha dijadwalkan menggelar tur dunia, termasuk di Indonesia bertajuk 2023 MOONBIN&SANHA FAN CON TOUR: [DIFFUSION] IN JAKARTA yang akan digelar pada 13 mei 2023. Namun, tur dunia tersebut telah resmi dibatalkan pihak promotor menyusul kabar meninggalnya Moonbin.

Biodata
Nama asli: Moon Bin
Nama panggung: Moonbin
Tempat lahir: Cheongju, Korea Selatan
Tanggal lahir: 26 Januari 1998
Meninggal dunia: 19 April 2023
Kewarganegaraan: Korea Selatan
Posisi di grup: Main dancer, rapper, dan vocalist
Almamater : Hanlim Multi Arts High School
Tinggi: 182 cm
Golongan darah: B

(Nisa)

Berita terkait