Tips Menghadapi Pertanyaan Kapan Nikah Saat Lebaran Menurut Ustadz Dennis Lim

  • Whatsapp

Jakarta,- Tak terasa Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Tidak hanya menjadi hari bahagia dalam menyambut hari kemenangan saja, momen ini juga menjadi ajang untuk silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga, sanak saudara, teman hingga tetangga.

Momen kumpul dengan keluarga besar saat Lebaran juga menjadi ajang untuk menanyakan kehidupan Anda, mulai dari segi pendidikan, pekerjaan atau pasangan. Saat itulah, para jomblo atau yang belum punya pasangan sering ditanya kapan nikah.

Meskipun mungkin hanya pertanyaan basa basi, tapi hal itu terkadang cukup mengganggu dan bisa membuat situasi menjadi canggung. Lantas, bagaimana mengatasi situasi seperti itu? 

Ustadz Dennis Lim memberikan tips yang bisa dipraktikan saat mendapat pertanyaan kapan nikah. Hal itu disampaikannya saat tampil di acara SauRans, yang dibagikan ulang oleh akun TikTok @ryanmuttaqien21. 

Ustadz Dennis Lim menyarankan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan membahas soal takdir yang sudah digariskan oleh Allah SWT.

“Tinggal jawab aja, ‘Sesuai rencana Allah. Tidak akan keluar dari Lauhul Mahfudz. Tenang aja karena yang penting nyampe ke surga, bukan nyampe ke pelaminan aja’,” kata ustadz Dennis Lim dikutip dari video di akun TikTok @ryanmuttaqien21. 

Ustadz Dennis Lim mengingatkan untuk tetap berusaha bersikap baik meski pertanyaan “kapan nikah” akan membuat sakit hati. Dia menegaskan tidak ada ruginya disakiti hatinya, yang rugi adalah mereka yang menyakiti hati seseorang.

“Diganti sudut pandangnya aja. Kalau akhirnya itu (pertanyaan ‘kapan nikah’) menyakiti pun, disakiti hatinya dalam Islam kan enggak rugi. Di Islam itu yang rugi bukan yang dizalimi tapi yang menzalimi. Tenang aja, enggak apa-apa. Peningkat derajat, penggugur dosa, tambah dekat sama Allah. Enggak ada masalah, tenang aja,” pungkas Ustadz Dennis Lim.

Sontak, video tersebut menuai reaksi dari netizen setelah menyimak jawaban atas pertanyaan “kapan nikah?” dari Ustadz Dennis Lim.

“Semoga lewat di fyp tetanggaku, keluargaku, temen2 kantor,” tulis akun @woo***.

“Semoga tetangga ku nonton ya,” tulis akun @fan***.

“Semoga keluarga gw nonton,” tulis akun @dnn***.

(Nisa)

Berita terkait