Pemkot Palu Bersama DPKP Akan Bangun Hidroponik di Seluruh Kelurahan

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU,– Pemberdayaan pertanian hidroponik dan green house dinilai lebih meyakinkan, karena dalam kondisi cuaca ekstrim, tanaman hidroponik masih tetap dapat bertahan hidup.

Pasalnya, melalui Komunitas Hidroponik Kota Palu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) bakal menaruh konsennya terhadap hal itu. Rencananya seluruh kelurahan di Kota Palu secara bergilir nantinya akan dibangunkan greenhouse nya masing-masing.

Hal itu dilakukan bertujuan sebagai upaya yang disasarkan untuk menurunkan inflasi daerah. Dengan memanfaatkan lahan terbatas yang ada, masyarakat dapat menanam sebagai kebutuhan pokok seperti tomat, lombok, bawang merah, dan lain-lainnya.

Selain itu, juga sebagai upaya intervensi menurunkan angka stunting, dikarenakan dengan hadirnya hidroponik, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan akan sayuran sehat untuk dikonsumsi.

Untuk diketahui, nantinya Pemerintah Kota Palu akan memberdayakan kelompok Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Palu untuk pengelolaannya mulai dari penanaman, pemeliharaan, hingga pemanenan hasil. Sedianya, para pengelola akan dibekali pelatihan terlebih dahulu hingga mahir dan siap saat greenhouse telah dibangun nantinya.

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid Amin menginstruksikan, agar kiranya program tersebut dapat tersebar bahkan ke setiap kelurahan.

“Bagaimana ini kita dorong setiap kelurahannya itu punya hidroponik dan greenhouse,” tegasnya saat pertemuan bersama Komunitas Hidroponik Kota Palu dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, bertempat di ruang kerja Wali Kota Palu, Rabu 3 April 2023.

Berita terkait