Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulteng Dimulai, Berikut Tahapan Lengkapnya

  • Whatsapp
Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah/Ft: Idham @Kailipost
banner 728x90

Palu,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (22/5/2023) melakukan konferensi pers sosialisasi prosesi Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah yang dilangsungkan di Salah satu hotel di Kota Palu.

Pemilihan Anggota Bawaslu Daerah Kabupaten/Kota tersebut terbagi menjadi tiga zona, yakni :

Zona I : Kabupaten Buol, Donggala,Sigi, Toli-Toli dan Kota Palu

Zona II : Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Parigi Moutong

Zona III : Kabupaten Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan dan Kabupaten Tojo Una-Una

Sementara itu, Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Se Sulawesi Tengah, masing-masing diketuai oleh:

Zona 1 : Dr Ritha Safitri Lapasere, MSi

Zona 2 : Dr H Kamaruddin MAg

Zona 3 : Rosdian, SH,MH

Hal ini diungkapkan Kamaruddin yang merupakan Ketua Timsel Zona II.  Dirinya menambahkan dengan dibukanya Rekrutmen ini mudah-mudahan harapan kita semua bisa mendapatkan orang-orang terbaik yang akan terpilih menjadi Anggota Bawaslu Daerah nantinya.

“Kami berharap informasi pembukaan pendaftaran bakal calon anggota Bawaslu kabupaten/kota bisa diketahui secara luas agar semakin banyak yang mengikuti dan melibatkan diri untuk mendaftar,” ungkap Kamaruddin.

Dengan konferensi Pers ini, kita bekerjasama dengan rekan-rekan media, karena kita punya keterbatasan, makanya kita melibatkan teman-teman media. Pada proses seleksi ini, Kita siap dikawal dan kita siap menerima masukan-masukan.

Sementara itu, anggota timsel lainnya, Ritha Safitri Lapasere mengatakan jika tahapan ini sudah dimulai per senin ini, dimulai dengan tahapan sosialisasi 22 Mei – 27 Mei, Penerimaan dan Pendaftaran Bakal Calon 29 Mei- 7 Juni 2023, Perbaikan Berkas 8 Juni-10 Juni dan dilanjutkan dengan serangkaian tes dan tahapan lainnya. Sementara pengumuman bakal dilangsungkan pada 12 Juni 2023.

Rosdian, SH,MH yang merupakan ketua Timsel Zona III, mengungkapkan Mudah-mudah informasi yang diberikan kepada masyarakat itu sampai kepada mereka yang terbaik yang mempunyai potensi, apalagi untuk calon Perempuan.  Karena memang susah-susah gampang untuk rekrutmen perempuan, tapi  karena pengalaman 5 tahun terakhir sudah ada pendaftaran perempuan. Misalnya Kota Palu itu itu banyak perempuan. Makanya harapan kami dan saya yakini makin banyak dari kaum perempuan yang ikut mendaftarkan dirinya.

Sementara dalam Rekrutmen ini Ketua Timsel Zona II Kamaruddin mengatakan akan memanfaatkan Aplikasi dalam perekrutan ini, namun berkas fisik juga dibutuhkan untuk melakukan kroscek. Pada intinya, Aplikasi dibutuhkan untuk memudahkan bagi teman-teman yang ingin mendaftar. Sementara lokasi pendaftaran terbagi menjadi 2 yakni Zona I pada Hotel Sultan raja, sedangkan Zona II dan III di Hotel Palu golden.

Berikut Tahapan Lengkap Pendaftaran Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah :

Reporter: Idham

Berita terkait