Berikut Lima Syarat Wajib Sholat Jumat yang Harus Diketahui

  • Whatsapp

Berikut Lima Syarat Wajib Sholat Jumat

Sebelum mendirikan sholat Jumat, perlu lebih dulu mengetahui beberapa syaratnya agar sholat Jumat sah. Berikut adalah 5 syarat wajib sholat Jumat seperti dikutip dari tulisan Syekh Wahbah Az Zuhaili juz 2 yang berjudul Fiqhul Islam wa Adillathuhu.

1. Islam, baligh, dan berakal

Syarat-syarat wajib sholat Jumat yang pertama adalah memeluk agama Islam, telah mencapai masa baligh, dan memiliki akal yang sehat. Selain itu, menurut madzhab Maliki, terdapat tujuh syarat tambahan, yaitu tidak sedang dalam masa haid atau nifas (bagi wanita), waktu sholat Jumat telah tiba, tidak sedang tertidur, tidak melupakan kewajiban sholat Jumat, tidak membenci sholat Jumat, tersedia sumber air bagi mereka yang tinggal di daerah dataran tinggi, dan kemampuan untuk melaksanakan sholat Jumat sesuai dengan keadaannya.

2. Laki-laki

Syarat wajib sholat Jumat berikutnya adalah pelaksanaannya ditujukan untuk kaum laki-laki. Sholat Jumat tidak diwajibkan bagi perempuan. Namun, jika perempuan ingin melaksanakan sholat Jumat, diperbolehkan dengan memenuhi beberapa syarat tertentu.

Berita terkait