Idul Adha 2023, Kemenag Bakal Pantau Hilal Penentu di 99 Lokasi

  • Whatsapp
Foto: Gedung Kantor Kemenag RI (Dok. Kemenag)

Ia menambahkan, sidang Isbat penentuan awal Zulhijah 1444 H menunggu hasil pemantauan hilal di seluruh Indonesia, yang akan digelar oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain setempat.

Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah, Ismail Fahmi menambahkan, nantinya Sidang Isbat Awal Zulhijah 1444 H digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Jakarta. Sidang Isbat tersebut akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, Sidang Isbat juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam serta Pondok Pesantren.

Berita terkait