Senin, Gubernur Bakal Pimpin Rapat Lanjutan Persiapan Pencanangan Sulteng Negeri Seribu Megalit

  • Whatsapp

Palu,- Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr. H. Rudi Dewanto bersama Dinas teknis terkait mulai membahas langkah awal dalam menjalankan program Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit yang dicanangkan Gubernur Rusdi Mastura. Rapat ini berlangsung, Selasa (06/06/2023) di ruang rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Hal ini, mengingat Senin pekan depan (12/06/2023) Rapat Lanjutan Persiapan Pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit Bakal Dipimpin Langsung Gubernur Rusdi Mastura yang mulai beraktivitas pasca masa pemulihan kesehatan.

Gubernur nantinya mendapat pemaparan sejauh mana langkah yang diambil serta serta sinergi antar instansi dan kelancaran pelaksanaan program Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit. Program ini dicanangkan mengingat potensi luar biasa dari beberapa daerah di Sulawesi Tengah, misalnya kabupaten Poso yang memiliki situs megalit tertua yang ada di indonesia, tempat ini tercatat hanya ada dua di dunia, yakni di indonesia dan pulau paskah di Samudera Pasifik.

Sementara rapat persiapan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, diantaranya:

Pertama, Kegiatan Apel Pemuda dan Pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit akan dilaksanakan di Kabupaten Poso. Kabupaten ini dipilih karena memiliki potensi megalitik yang melimpah dan merupakan salah satu wilayah yang paling mewakili kekayaan budaya Sulawesi Tengah.

Kedua, Waktu pelaksanaan pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit akan ditentukan dalam Rapat Lanjutan bersama Gubernur.

Ketiga, OPD teknis terkait, baik dari bidang kebudayaan, pembangunan, transportasi, komunikasi, dan lainnya, diminta untuk segera membuat program dan rencana aksi daerah.

Keempat, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diharapkan menyediakan tenda dan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang memadai.

Turut hadir Kadis Kebudayaan Andi Kamal Lembah,SH,M.Si, Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Dr.Faidul Keteng,ST,M.Si, Kadis Perhubungan Sumarno,SE, Kadis Perkimtan Abdul Haris Karim, Kadis Kominfo Sudaryano Rahmalifman Lamangkona,S.Sos,M.Si, Kabid Anggaran Haris, Kabid Sosial serta pejabat teknis terkait. *

Berita terkait