Kenapa Kalimantan Jarang Terjadi Bencana Alam, Ini Kata BMKG

  • Whatsapp
Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA,- Kalimantan menjadi tempat yang jarang terjadi bencana alam, kini kerap menjadi pertanyaan. Hal ini dikarenakan bebrapa wilayah Indonesia lainnya seringkali terjadi bencana alam yang menimbulkan kerugian besar, mulai dari kehilangan nyawa sampai kerugian materi.

Namun, masyarakat Kalimantan tampaknya merasakan sedikit dari kejadian mengerikan ini. Mungkin hampir tidak merasakan bencana alam seperti tsunami, longsor, dan gempa bumi.

Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan aktivitas gempa di Kalimantan relatif rendah. Meskipun memiliki catatan aktivitas gempa bumi, umumnya wilayah Kalimantan masih tergolong aman.

Pulau Kalimantan jarang terjadi bencana alam karena lokasi geografisnya jauh dari zona tumbukan lempeng (megathrust). Dengan begitu energi medan tegangan zona seismogenik di Kalimantan tidak sekuat dengan wilayah yang lebih dekat dengan zona tumbukan lempeng.

Rendahnya medan tegangan seismogenik mempengaruhi kerusakan dan korban jiwa dari suatu wilayah. Sehingga Pulau Kalimantan jauh dari gempa bumi akibat tumbukan lempeng di dalam perut bumi.

Berita terkait