Jelang Piala Dunia U-17 2023, Perawatan Stadion GBT akan Diperketat

  • Whatsapp
Suasana Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang tengah direnovasi di Surabaya, Jawa Timur, Kamis 20 Agustus 2020. Berbagai perbaikan terus dikerjakan di stadion tersebut seperti pemasangan sekitar 45.000 kursi tunggal dan pengelupasan rumput untuk diganti dengan rumput standar internasional guna menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021. ANTARA FOTO/Moch Asim

Jakarta,- Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga bersama Pariwisata Kota Surabaya akan memperketat perawatan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023.

“Pemeliharaan terus dilakukan karena GBT digunakan untuk kompetisi, dan lapangan latihan juga dipakai untuk latihan klub-klub lokal,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Surabaya Wiwiek Widayati dalam keterangannya di Surabaya, Rabu (2/8/2023).

Ia juga memastikan bahwa pemeliharaan di Stadion GBT masih berjalan pada bagian stadion utama dan tiga lapangan penunjang untuk latihan. Pemerintah Kota Surabaya juga sudah membuat pagar di lapangan A, B, dan C yang sering digunakan untuk latihan. Pagar tersebut mengelilingi seluruh lapangan.

Pembenahan akses jalan juga menjadi prioritas. Pembenahan akan beriringan dengan perawatan rutin untuk rumput di lapangan mulai dari pemupukan dan pemberian vitamin rumput. Selain itu, juga pengecatan akibat kebocoran ketika hujan hingga perbaikan sarana dan prasarana lain.

Perawatan Stadion GBT tersebut telah mendapat pujian dari perwakilan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Senior Tournaments Manager, Marely Flores-Martinez. FIFA memuji cara pengelola merawat dua lapangan sepak bola lainnya yakni Lapangan Thor dan Gelora 10 November (G10N) Surabaya. “Mereka sangat mengapresiasi maintenance (teknis pemeliharaan) yang kami lakukan,” ujar Wiwiek.

Berita terkait