Pemprov Paparkan Desa Bombanon Banggai Mewakili Sulteng Ajang Desa Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp
banner 728x90


Palu,- Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr.Hj.Rohani Mastura,M.Si bersama Sekdis PMD Prov Sulteng dan Kepala Desa Bombanon, memaparkan sekaligus meyakinkan para juri perihal Desa Bombanon Kecamatan Manto Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah sebagai desa terbaik di Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Paramananda Lantai 4 Gedung C Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Jakarta, Rabu (9/8/2023) mendapat penilaian dari tim penilai lomba desa, yakni : Dr.Eko Prasetyanto PP,S.Si,M.Si,MA, Prof Diah Natalisa, Dr.Ir.Himawan Hariyoga Djojokusumo,M.Sc, Satya Bahkti Parikesit,MM,LL.M, TP PKK Pusat, Prof.Dr.Drs.Khasan Effendy,M.Pd, Dr.Herbert H.O Siagian.

Usai kegiatan, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr.Hj.Rohani Mastura,M.Si menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada pemerintahan desa dan kelurahan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya pada Juli 2023, Desa Bombanon Kecamatan Mantoh, Banggai terpilih menjadi perwakilan Kabupaten Banggai yang berhasil menjadi jawara lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 setelah sukses mengunci skor dengan poin 521 dan masuk kategori Cepat Berkembang.

Berdasarkan penilaian, Desa ini mempunyai inovasi yang cukup baik dalam hal pelayanan yakni, dengan sistem digitalisasi antara lain, Sistem Informasi Administrasi Siaga (SIADES), Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dan Sistem Informasi Desa Digital (SIDEDI).

Desa yang memiliki penduduk 253 Kepala Keluarga dan 855 jiwa ini masuk dalam lomba desa Regional III bersama perwakilan dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Gorontalo. *

Sumber: Biro Adpim Pemprov Sulteng

Berita terkait