Tim Voli Putra Sulteng Susul Tim Putri Amankan Poin Perdana 16 Besar Kapolri Cup

  • Whatsapp
Foto: Humas Polda Sulteng

Gresik,- Ajang Bola Voli Kapolri Cup 2023, Tim Putra Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih kesuksesan mengamankan poin usai berhasil mengalahkan provinsi Riau pada partai perdana babak 16 besar wilayah timur. 

Kemenangan dramatis 3-2, membuat Tim Voli Putra Sulteng menyusul Tim Putri Sulteng yang juga meraih kemenangan usai mengalahkan tim Papua dengan skor 3-0. 

Partai yang digelar di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Senin (14/08/2023) berlangsung dramatis. Terjadi susul menyusul poin antara kedua tim, untung saja Tim Voli Putra Sulteng yang diperkuat  Pemain timnas Dimas Saputra di posisi outside hitter kembali  menunjukkan magisnya sebagai bintang lapangan di laga ini.

Tim Riau yang dihuni pemain-pemain muda menunjukkan permainan ngotot di Set pertama yang berlangsung ketat. Namun Service kencang dan terukur dari Tim Sulteng mampu merepotkan pemain Riau. Sulteng akhirnya menjaga jarak 15-10 di set ini dan memaksa Riau mengambil teknikal time out. Usai rehat, Tim Riau justru lebih solid mencetak angka demi angka lewat blok pemain mereka, hingga akhirnya memenangi babak pertama dengan skor poin, 26-24. 

Coach Eduardus Raja mencoba melakukan pergantian pemain Tim Putra Sulteng pada awal set kedua, Anggi dimasukkan menggantikan posisi Dwi Sistin Yuga. Demikian juga dengan middle blocker Putu Yudis digantikan Pakku Jati Sadewa. Namun Sulteng masih harus harus tertinggal 16-12 dari tim Riau.

Coach Eduardus kembali mengambil langkah rotasi pemain dengan memasukan Aziz untuk menggantikan Arif Rahman di posisi setter.  Masuknya Aziz membuat permainan semakin ketat hingga akhirnya poin menjadi 24-24. Pada rally point, Riau berulang kali mencapai angka set point. Namun Sulteng lagi-lagi diselamatkan oleh Dimas dan menang 34-32. 

Set ketiga, Sulteng terlalu banyak kehilangan poin sejak menit-menit awal. Smash lawan yang keras sangat sulit didapat middle blocker Sulteng baik Yosep maupun Paku Jati Sadewa. Aziz di posisi setter yang bermain di set kedua, kembali diganti Arief Hamdan. Permainan yang ketat di set kedua nampak hilang di gim ini. Riau yang minim melakukan kesalahan unggul jauh dan memenangkan set dengan poin 25-18. 

Usai kehilangan Set ketiga, Tim Sulteng bisa menguasai pertandingan pada set ke empat. Kombinasi antara smes cepat Sulteng berjalan efektif hingga akhirnya mampu membuat pertandingan imbang (2-2)  usai memenangi set ke empat dengan poin 16-25. 

Sulteng akhirnya mampu memenangi pertandingan pada set kelima yang berlangsung dengan kejar mengejar poin. 

Tim Jawa Tengah akan menjadi lawan berikutnya bagi Tim putra Sulteng. Jika menang, Sulteng dipastikan merebut tiket menuju babak final four di Pontianak, Kalimantan Barat. Sementara Tim Putri Sulteng akan menghadapi Lampung. Jika menang, maka otomatis mengamankan satu tiket ke babak delapan besar.*

Berita terkait