Yunani Tawarkan Liburan Gratis di Rhodes untuk Wisatawan yang Kena Dampak Kebakaran

  • Whatsapp
Rhodes, Yunani (Pixabay)

Jakarta,- Pulau terbesar kesembilan di Mediterani, Yunani menawarkan masa tinggal gratis selama seminggu di Rhodes pada 2024 kepada wisatawan yang liburannya dipersingkat karena kebakaran hutan Juli lalu.

Pulau tersebut adalah tempat liburan populer di Eropa, yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Yunani karena pariwisatanya.

Kebakaran terjadi pada 18 Juli di Rhodes tengah dan dipercepat oleh angin kencang. Api menyebar ke pantai timur dan selatan, area dengan banyak resor pantai. Kebakaran ini menyebabkan banyak rumah dan hotel atau resor mengalami kerusakan.

Yunani melakukan evakuasi terbesar yang pernah dilakukan di negara itu. Lebih dari 20 ribu turis dan penduduk setempat terpaksa mengungsi dari rumah dan hotel tepi pantai.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan kepada ITV Inggris pada hari Rabu bahwa kebakaran hutan mempengaruhi 15 persen dari Rhodes. Sekarang situasinya kembali normal tetapi mereka menyadari bahwa itu menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengunjung.

“Untuk semua orang yang liburannya dipersingkat akibat kebakaran hutan, pemerintah Yunani bekerja sama dengan otoritas lokal akan menawarkan satu minggu liburan gratis di Rhodes, musim semi berikutnya, musim gugur berikutnya, sehingga kami memastikan mereka kembali ke pulau dan nikmati keindahan alamnya,” kata Mitsotakis.

Berita terkait