Ini Cara Presiden Jokowi Sambut PM China hingga Wapres AS di KTT ASEAN

  • Whatsapp
Momen Jokowi Sambut Kedatangan Wapres AS Kamala Harris di KTT ASEAN/Foto: Media Center KTT ASEAN 2023/Dwi Prasetya

Jakarta,- Pimpinan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara mitra ASEAN yang hadir dalam KTT ASEAN yang diadakan di JCC Senayan, Jakarta Pusat. Mulai dari China hingga Amerika Serikat (AS) lengkap mengikuti forum pimpinan negara ASEAN.

Diketahui, pimpinan negara yang hadir pertama kali adalah Perdana Menteri China Li Qiang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku tuan rumah menyambut langsung Li Qiang.

Dalam rapat pleno, Jokowi membeberkan China adalah salah satu dari empat mitra besar di ASEAN yang memiliki status mitra strategis dan komprehensif. Bahkan hubungan itu sudah bertahan sampai dua dekade.

“Ini adalah 20 tahun aksesi RRT (Republik Rakyat Tiongkok/China) terhadap treaty of amity and cooperation,” ujar Jokowi dalam rapat pleno yang diadakan di Ruang Cendrawasih, JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2023) kemarin.

Jokowi menegaskan agar hubungan China dan ASEAN bisa menciptakan realisasi kerja sama yang konkret dan saling menguntungkan.

“Kita harus realisasikan kerja sama konkret yang saling untungkan. Hal itu hanya bisa dilakukan jika kita memiliki trust satu sama lain yang dibangun bersama antar semua pihak,” tegas Jokowi.

Berita terkait