Survei SMRC: Elektabilitas Anies-Cak Imin Masih Kalah dari Ganjar Maupun Prabowo

  • Whatsapp
Survei SMRC terbaru menyatakan elektabilitas Anies-Cak Imin paling rendah dibanding pasangan capres-cawapres lain (Dok. Nasdem TV)

Jakarta,- Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memiliki elektabilitas yang paling rendah sebagai kandidat capres-cawapres 2024 meski telah resmi dideklarasikan.

SMRC telah membuat simulasi tiga pasangan capres dan cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Prabowo Subianto-Erick Thohir dan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil.

Mengutip situs SaifulMujani.com, Hasilnya, elektabilitas Ganjar-Ridwan Kamil tertinggi dengan 35,4 persen. Diikuti Prabowo-Erick 31,7 persen. Anies-Cak Imin hanya 16,5 persen. Ada 16,4 persen belum menjawab.

“Ini reaksi publik beberapa hari setelah deklarasi Anies-Muhaimin. Harapan bahwa suara pasangan ini akan meningkat pascadeklarasi belum terjadi. Kalau kita berpikir positif, mungkin karena mesin politiknya belum panas dan pemilih butuh waktu untuk antri masuk ke kotak Anies-Muhaimin,” kata Saiful Mujani.

Saiful mengatakan perolehan suara Anies-Imin mencerminkan kekuatan dua partai. antara lain, PKB dengan NasDem atau NasDem dengan PKS.

Berita terkait