UNESCO Resmi Tetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta Jadi Warisan Budaya Dunia

  • Whatsapp
Tugu Yogyakarta yang masuk ke dalam garis Sumbu Filosofi Yogyakarta ( oto: Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta,- UNESCO kini telah resmi menetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai Warisan Dunia pada Sidang ke-45 Komite Warisan Dunia atau World Heritage Committe (WHC) di Riyadh, Arab Saudi. Ini menjadi situs warisan budaya dunia kelima yang diakui UNESCO yang berada di Indonesia.

“Inskripsi baru pada Daftar Warisan Dunia @UNESCO: Sumbu Kosmologis Yogyakarta dan Situs Bersejarahnya, #Indonesia 🇮🇩. Bravo!,” tulis UNESCO dalam akun X, Senin (18/9/2023) malam.

Dikutip dari jogjaprov.go.id, Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi dan ketua Delegasi pemerintah Indonesia pada sidang tersebut, Abdul Aziz Ahmad, turut menyampaikan rasa terima kasih atas penetapan ini.

“Kami merasa terhormat dapat menyumbangkan mutiara ini ke dalam Daftar Warisan Dunia, yang merupakan perpaduan indah antara warisan budaya benda dan takbenda,” ujarnya.

Selain Abdul Aziz, termasuk dalam delegasi Indonesia yang juga hadir dalam sidang tersebut yakni Wakil Gubernur DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X didampingi Tim Delegasi DIY.

Berita terkait