Sulawesi Tengah Dilanda Kemarau, MUI Ajak Salat Istiqo Serentak

  • Whatsapp

Editor/Sumber: Faqih Azzura/KabarSelebes

Jogja- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tengah, bersama PW Nahdlatul Ulama Sulawesi Tengah dan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu (UIN Datokarama Palu), akan menggelar shalat istisqa secara serentak pada Selasa, 7 November 2023, jam 6.30 WITA pagi. Shalat istisqa adalah doa meminta hujan yang dipraktikkan oleh umat Muslim dalam upaya mengatasi kekeringan yang melanda wilayah Sulawesi Tengah.

Sekretaris Umum MUI Sulawesi Tengah, Sofyan Thaha Bachmid, mengatakan, MUI Sulawesi Tengah memerintahkan seluruh MUI kabupaten dan kota untuk membentuk panitia lokal di masing-masing wilayah. MUI Kabupaten Kota juga diminta mengajak seluruh masyarakat untuk bergabung dalam shalat istisqa berjamaah di tempat masing-masing.Dia menargetkan akan melibatkan 1 juta umat muslim dalam shalat istisqa ini.

“Kami berharap seluruh Dewan Pimpinan MUI Kabupaten dan Kota untuk segera membentuk panitia kecil yang akan bertanggung jawab atas pelaksanaan Shalat Istisqa di tempat masing-masing,” kata Sofyan, Senin (30/10/2023). MUI Sulteng juga mengajak Pemerintah, Bupati, dan Walikota, serta Ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Perguruan Tinggi setempat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Sehingga kita dapat bersama-sama berdoa dan meminta hujan dari Allah SWT,” jelas Sofyan Bachmid.

Masyarakat diharapkan untuk melaksanakan shalat istisqa berjamaah di lokasi yang telah ditentukan dan disepakati bersama oleh panitia setempat. Keikutsertaan aktif seluruh lapisan masyarakat di Sulawesi Tengah diharapkan dapat membawa berkah dan turunnya hujan sebagai anugerah dari Tuhan.***

Berita terkait