400 Hektare Lahan KPN di Redistribusi ke Masyarakat

  • Whatsapp

Sulteng,- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng), mengatakan 400 hektare lahan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) dari total 1.123 hektare berlokasi di Desa Talaga Kabupaten Donggala di redistribusi kepada masyarakat.

“Redistribusi lahan diberikan kepada masyarakat di tiga desa sekitar KPN yakni Desa Talaga, Desa Kambayang, dan Desa Sabang Kecamatan Dampelas,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulteng Nelson Metubun di Palu, Senin.

Ia juga mengatakan bahwa redistribusi lahan merupakan kebijakan Pemprov Sulteng dan Kabupaten Donggala dalam memberdayakan masyarakat.

Dari luas lahan 1.123 hektare, dilakukan pembagian wilayah untuk sejumlah pertamanan komoditas tanaman pangan dan hortikultura seluas 600 hektare, kemudian 400 hektare dibagi kepada masyarakat setempat.

“Saat ini masih dalam proses pembagian lahan kepada tiga desa tersebut dijadikan areal bukaan baru di kawasan pangan, dan kami melakukan pengamatan potensi-potensi tanaman jenis apa yang bisa di kembangkan di kawasan tersebut,” ujarnya.

Berita terkait