Gubernur Sulteng Komitmen Perbaiki Jalan Menuju Kawasan Megalit Poso

  • Whatsapp
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mencanangkan Sulteng Negeri Seribu Megalit di Poso, Sulteng, Selasa (10/10/2023). ANTARA/HO-Pemprov Sulteng/am.

Palu,- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura berkomitmen untuk memperbaiki prasarana jalan menuju area wisata megalitikum di Kabupaten Poso dalam upaya mendorong kemajuan pariwisata wilayah itu sebagai Negeri Seribu Megalit.

“Insya Allah, saya berjanji. Saya bakal menginstruksikan agar dinas mengenai dapat segera memperbaiki prasarana jalan menuju area megalit. Ini janji,” kata Rusdy Mastura di Palu, Senin.

Dalam upaya memperkenalkan Sulteng sebagai Negeri Seribu Megalit, pihaknya bakal segera menginstruksikan Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tengah untuk segera membuka akses jalan Lembah Napu – Lembah Behoa dan Lembah Behoa – Lembah Bada agar wilayah Lore menjadi area destinasi wisata.

Selain itu, pihaknya bakal menginstruksikan perbaikan jalan Lembah Napu Poso dan meningkatkan jalan Palu menuju Poso sehingga akses untuk menjangkau wilayah tersebut menjadi lebih mudah.

“Saya bakal menginstruksikan untuk memperbaiki jalan Napu Poso dan jalan Palu – Poso sehingga akses ke wilayah Lore sebagai wilayah wisata lebih mudah,” kata dia.

Ia juga menyatakan janji untuk menginstruksikan Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah agar segera mengusulkan situs-situs megalitikum itu sebagai warisan budaya bumi ke UNESCO.

Berita terkait