Gubernur Rusdy Mastura di 2024 Akan Fokus Pariwisata Meraup Fiskal, Tak Lagi Fokus ke Tambang Saja

  • Whatsapp

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura membuka secara resmi Event Posalia RI Banua Oge Tahun 2023, di pelataran cagar budaya Banua Oge Jalan Pangeran Hidayat, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Jumat (24/11/2023) malam. Pembukaan Posalia RI Banua Oge tersebut ditandai simbolis dengan penabuhan gong oleh gubernur yang didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sulteng, Vera Rompas Mastura.

Gelaran Posalia Ri Banua Oge merupakan sebuah pesta rakyat masyarakat Kota Palu dalam upaya memperkenalkan kekayaan budaya lokal, berbagai pertunjukan seni tradisional seperti tari-tarian etnik, musik kolaboratif, pameran seni rupa, dan kuliner khas daerah.

Gubernur Rusdy Mastura mengapresiasi dan berterima kasih atas pelaksanaan Posalia Ri Banua Oge sebagai upaya merespon dan memantapkan kedudukan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga pariwisata ibu kota negara (IKN).

Gubernur mengajak semua pihak untuk bersinergi dan bekerjasama dengan menjadikan pariwisata sebagai sektor strategis penyumbang fiskal daerah dan penyedia lapangan kerja bagi masyarakat.

“Termasuk diantaranya, bagaimana upaya-upaya kita untuk mempromosikan Banua Oge ini, bukan hanya dikenal dengan nilai-nilai sejarah dan arsitektur yang dikandungnya akan tetapi bagaimana membuat situs ini bisa memberikan dampak yang lebih inklusif lagi bagi pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan-kegiatan kesenian dan kebudayaan yang digelar di banua oge,” ujar Rusdy Mastura.

Selain itu, Gubernur Rusdy bersyukur atas terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Menurutnya, UU tersebut sebagai peluang untuk menggali dan mengoptimalisasi sektor-sektor potensial di Sulteng.

Salah satunya sektor pariwisata Sulteng yang eksotis untuk dijadikan penopang pariwisata IKN.

Dia pun berharap kepada seluruh masyarakat Sulteng untuk mempersiapkan diri sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka menghadapi IKN dan globalisasi. “Negeri kita negeri kaya. Kita jangan mengecewakan orang-orang tua pendahulu yang sejak dulu zaman Belanda telah membuka perdagangan dengan Kalimantan. Mari kita lanjutkan,” ujar Gubernur Rusdy Mastura.

Ivent yang digelar mulai Jumat (24/11/2023) hingga Sabtu (25/11/23) ini menampilkan pameran foto, fashion show, pemutaran film, pameran UMKM dan kuliner.

Pembukaan ivent ini dihadiri Forkompimda Tingkat Kecamatan, beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah Pemkot Palu, para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, para penggiat seni dan budaya serta ekonomi kreatif.

Berita terkait