Presiden Jokowi Bertolak ke Dubai untuk Hadiri KTT Iklim COP28

  • Whatsapp
Jokowi bertolak ke Dubai untuk menghadiri KTT Iklim COP28. (Isal Mawardi/detikcom)

Jakarta,- Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Kunjungannya kali ini akan berangkat menuju Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menghadiri acara World Climate Action COP28, Kamis, 30 November 2023.

Diketahui, COP28 adalah Konferensi Perubahan Iklim yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Pertemuan yang digelar ke-28 kali ini akan diawali dengan catatan rapor kemajuan setiap negara dalam memenuhi Perjanjian Paris 2015.

Tujuannya adalah membatasi pelepasan emisi untuk mencegah kenaikan rata-rata suhu global di atas 1,5 derajat Celcius.

Jokowi mengatakan, di COP28 ia akan menyampaikan pengalaman Indonesia dan mempertegas pentingnya kolaborasi global untuk pendanaan iklim. “Dan pentingnya transisi yang inklusif untuk menjamin keberlanjutan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di negara-negara berkembang,” katanya dalam keterangan pers sebelum keberangkatan di Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Kamis, 30 November 2023.

Presiden terbang ke Dubai dengan delegasi terbatas. Ia hanya ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Di keberangkatannya, Jokowi dilepas oleh Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pembicaraan di UEA, negara produsen minyak terbesar, merupakan peluang penting bagi pemerintah-pemerintah Dunia untuk mempercepat tindakan terhadap perubahan iklim. Namun, mereka masih berbeda pendapat mengenai penggunaan bahan bakar fosil, yang pembakarannya merupakan penyebab utama perubahan iklim.

Berita terkait