Presiden Jokowi Bertolak ke Dubai untuk Hadiri KTT Iklim COP28

  • Whatsapp
Jokowi bertolak ke Dubai untuk menghadiri KTT Iklim COP28. (Isal Mawardi/detikcom)

Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak termasuk di antara para pemimpin yang diperkirakan akan menghadiri acara yang dimulai pada Kamis. Sementara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dipastikan akan absen digantikan Wakil Presiden Kamala Harris.

“Komitmen nyata harus diperkuat khususnya komitmen negara-negara maju untuk pendanaan iklim utamanya dalam rangka mencapai target net zero emission,” kata Jokowi.

Kegiatan COP28 dilaksanakan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 30 November sampai 12 Desember 2023. Amerika Serikat mendukung pembentukan dana baru untuk membantu negara-negara berkembang unuk mengatasi kerusakan akibat perubahan iklim.

Namun mereka ingin perjanjian tersebut memperjelas tidak ada negara yang diwajibkan untuk membayar dana tersebut. Hal ini juga mendukung kesepakatan COP28 yang menyerukan penghapusan penggunaan bahan bakar fosil yang menghasilkan CO2 secara bertahap.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, emisi karbon Indonesia tercatat sebanyak 1,84 gigaton setara karbon dioksida pada tahun 2019, lalu turun ke angka 1,05 gigaton pada 2020, sebesar 1,14 gigaton pada 2021, dan sebanyak 1,20 gigaton pada tahun 2022.

Selain menghadiri acara puncak, di Dubai Jokowi akan menghadiri presidensi event terkait transformasi food system,  KTT G77 dan Cina serta melakukan beberapa pertemuan bilateral. ***

Sumber: Tempo.co

Berita terkait