Cek! Ini 20 Kota Wisata Terbaik di Dunia 2023

  • Whatsapp
Paris (Foto: AP/Michel Euler)

Jakarta,– Sebanyak 20 kota yang terdaftar sebagai wisata terbaik dunia. Sayangnya, tidak ada nama dari Indonesia dalam daftar tersebut.

Dilansir CNN, Sabtu (16/12/2023), Paris sekali lagi dinobatkan sebagai kota tujuan wisata paling top di dunia. Demikian yang ditulis dalam laporan tahunan dari perusahaan riset pasar global Euromonitor International.

Top 100 City Destinations Index 2023 dibuat dalam kemitraan dengan perusahaan data Lighthouse. Mereka mengamati kota-kota terkemuka dari seluruh dunia.

Para peneliti itu memberi peringkat berdasarkan kriteria yang mencakup pariwisata, keberlanjutan, kinerja ekonomi, kesehatan dan keselamatan.

Eropa menduduki peringkat teratas, dengan tujuh dari 10 kota teratas dan 63 negara dalam 100 besar. Satu-satunya kota non-Eropa yang masuk dalam 10 besar adalah Dubai di peringkat 2, Tokyo di peringkat 4 dan New York di peringkat 8.

Laporan ini mengaitkan keberhasilan Eropa dengan urbanisasi yang berlangsung cepat dan adopsi teknologi yang merata. Para traveler menginginkan internet berkecepatan tinggi, pilihan pemesanan yang fleksibel, dan ruang untuk bekerja dari jarak jauh sekarang.

Pariwisata dunia terus mengalami pemulihan yang sangat kuat, dengan jumlah perjalanan yang diproyeksikan mencapai 1,3 miliar pada akhir tahun 2023. Jumlah itu menghasilkan sekitar USD 1,7 triliun dalam hal pengeluaran pariwisata global.

Berita terkait