Wagub Ma’mun Serahkan Bantuan di Banggai Laut

  • Whatsapp
WAKIL Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir bersama istri foto bersama saat menghadiri Upacara Adat Malabot Tumbe di Karaton Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Senin (4/12/2023). FOTO: BIRO ADPIM

Balut,– Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Ma’mun Amir didampingi Wakil Ketua TP-PKK Halima Amir beserta rombongan menghadiri Upacara Adat Malabot Tumbe di Karaton Banggai, Kabupaten Banggai Laut (Balut).

Malabot Tumbe adalah upacara syukuran atas panen telur Maleo yang merupakan tradisi sudah dilakukan oleh masyarakat Banggai secara turun temurun sejak zaman kerajaan Banggai yang dipimpin oleh Raja Mandapar.

Prosesi upacara Malabot Tumbe diawali dengan pengumpulan telur Burung Maleo oleh perangkat adat, pada Senin (4/12/2023).

Setelah terkumpul, perangkat adat membawanya ke rumah ketua adat dan rangkaian upacara dilakukan dengan doa dan zikir kepada Tuhan yang Maha Esa.

Pada prosesi upacara adat Malabot Tumbe wagub bersama istrinya menyaksikan prosesi penyerahan adat telur Maleo kepada pemangku adat Banggai yang digelar di Batui Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ma’mun Amir selaku Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kabupaten Banggai beserta pemangku adat dan tokoh-tokoh adat Batu Mondoan Banggai dan Batui atas upaya keinginan dan kesediaan untuk bersama menjaga dan melestarikan adat Banggai yang dicintai ini.

Berita terkait