Jepang Cabut Semua Peringatan Tsunami usai Gempa Dahsyat hingga Picu Tsunami

  • Whatsapp
Kerusakan akibat gempa dahsyat yang mengguncang Jepang (dok. Kyodo via REUTERS)

Tokyo,- Otoritas Jepang telah mencabut semua peringatan dan imbauan tsunami yang diberlakukan setelah gempa dahsyat berkekuatan Magnitudo 7,6 mengguncang.

Berdasarkan informasi dari AFP, salah seorang pejabat BMKG Jepang mengatakan pencabutan peringatan tsunami itu pada Selasa (2/1/2024).

Menurut pejabat yang enggan disebut namanya tersebut, perubahan kecil pada level pasang surut masih mungkin terjadi sekitar sehari usai guncangan kuat di wilayah Jepang bagian barat memicu gelombang tsunami setinggi lebih dari satu meter.

Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS mencatat gempa yang mengguncang area prefektur Ishikawa di pulau utama Honshu itu berkekuatan Magnitudo 7,5. Namun otoritas Jepang mencatat gempa itu berkekuatan Magnitudo 7,6 dan menyebut bahwa gempa itu merupakan salah satu dari lebih 90 gempa yang mengguncang area tersebut hingga Selasa (2/1) dini hari, sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

Otoritas Jepang melaporkan bahwa jumlah korban tewas akibat gempa bertambah menjadi sedikitnya enam orang.

Skala kerusakan akibat gempa pada Senin (1/1) kemarin masih terus bertambah. Tayangan berita setempat menunjukkan bangunan-bangunan roboh, perahu-perahu tenggelam di pelabuhan, rumah-rumah hangus terbakar, dan warga setempat tidak mendapatkan aliran listrik saat musim dingin.

Peringatan tsunami sempat diberlakukan di area tersebut oleh otoritas Jepang, sebelum diturunkan levelnya menjadi imbauan. Namun laporan otoritas setempat menyebut gelombang setinggi setidaknya 1,2 meter menyapu area pelabuhan Wajima pada Senin (1/1) waktu setempat.

Serangkaian tsunami kecil dilaporkan terjadi di beberapa area lainnya. Namun peringatan soal gelombang tsunami yang jauh lebih besar tidak terjadi.

Tayangan berita lokal dari pantauan udara menunjukkan kapal-kapal tenggelam di pelabuhan Suzu dan sedikitnya satu kapal terdampar hingga ke area pantai.

Kehancuran besar dilaporkan terjadi di area Wajima yang dilanda kebakaran hebat usai gempa mengguncang.

Hingga Selasa (2/1) waktu setempat, sekitar 32.700 rumah warga di area tersebut masih mengalami pemadaman listrik.

Puluhan ribu orang diperintahkan untuk mengungsi, dengan menurut Kementerian Pertahanan Jepang, sekitar 1.000 orang kini ditampung di pangkalan militer setempat. ***

Sumber: Detik.com

Berita terkait