Menko Polhukam: Kebutuhan Masyarakat RI Terhadap Tanah akan Melonjak

  • Whatsapp
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto saat menjadi pembicara kunci pada Rakornas Kementerian ATR/BPN 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2024) (Foto: rri.co.id/Denisa Tristianty)

Jakarta,- Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap tanah bakal melonjak.

Sebab, terdapat prediksi jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 317 juta jiwa pada tahun 2040.

“Ada satu prediksi bahwa tahun 2040, penduduk di Indonesia kurang lebih 317 juta (jiwa, red). Kalau 317 juta (penduduk, red), maka kebutuhan akan tanah, itu pasti akan melonjak,” kata Hadi saat menjadi pembicara kunci Rakornas Kementerian ATR/BPN 2024 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2024).

Hal tersebut, dikatakannya akan mengakibatkan permintaan akan tinggi. “Sehingga, harus dilakukan upaya supaya tidak terjadi hilang kendali (discontrol),” ujar dia.

Dia juga mengatakan, pertanahan dengan tata ruang harus disinergikan. “Kuncinya itu, sinergi pertanahan dan tata ruang,” ujar dia.

“Kita sudah melaksanakan pemetaan, pendaftaran. Kita telah melaksanakan pembuatan tata ruang yang berkualitas, dan juga menggunakan integrasi data pertanahan.”

Berita terkait