Tak Dianjurkan, Ini Efek Samping Minum Teh saat Sahur dan Berbuka Puasa

  • Whatsapp
banner 728x90

Jakarta,– Minum teh saat sahur dan berbuka puasa memang nikmat setelah seharian menahan haus. Teh panas menjadi andalan lantaran bisa menghangatkan tubuh. Sedangkan saat berbuka, es teh manis adalah pilihan yang menyegarkan untuk mengusir dahaga.

Kendati demikian, dokter gizi komunitas Tan Shot Yen menyampaikan bahwa teh adalah minuman yang harus dihindari saat puasa Ramadhan, baik saat sahur ataupun berbuka. Lantas, apa alasan teh tidak direkomendasikan untuk diminum saat sahur ataupun berbuka puasa?

Alasan teh tidak dianjurkan untuk diminum saat bulan puasa Lebih lanjut, Tan mengungkapkan beberapa alasan mengapa teh tidak dianjurkan untuk diminum saat bulan puasa. Berikut beberapa alasannya:

1. Memiliki efek diuretik

Tan mengatakan, minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda tidak dianjurkan diminum saat sahur lantaran minuman ini memiliki efek diuretik. “Minuman berkafein seperti teh dan kopi sebaiknya dihindari. Sebab minuman ini memiliki sifat diuretik. Artinya, bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil dan risiko dehidrasi saat menjalani puasa,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Berita terkait