Hari Ini MK Panggil Empat Menteri Hadir dalam Sidang Sengketa Pilpres

  • Whatsapp
Kolase Foto Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensos Risma, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menkeu Sri Mulyani(KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN; KOMPAS.com/ARDITO RAMADHAN; KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO; Dok.Humas Kemenkeu)

Jakarta,- Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini Jumat 5 April 2024 bakal memeriksa keterangan empat menteri dalam perkara perselisihan hasil Pilpres 2024.

Mereka juga akan diperiksa terkait program bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah jelang pencoblosan pada Pilpres 2024.

Empat menteri yang diminta untuk hadir ke sidang sengketa Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Dua lagi adalah Menteri Sosial, Tri Rismaharini dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Keputusan untuk memanggil empat menteri ini dikatakan Ketua MK, Suhartoyo, pada sidang tanggal 1 April lalu. Pada sidang itu, persidangan mendengar keterangan dari 11 saksi fakta dan tujuh ahli yang diajukan tim kuasa hukum Anies-Muhaimin.

Beberapa dari saksi tersebut membuat klaim bahwa bansos berperan dalam raihan suara Prabowo-Gibran. Hakim Suhartoyo dalam pernyataannya menyebut, keputusan MK memanggil empat menteri tersebut tidak didasarkan pada permintaan pihak Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud.

Berita terkait