Hati-Hati Skema Ponzi, Ini Ciri dan Cara Kerjanya

  • Whatsapp

Jakarta,- Saat ini sangat ramai masyarakat Indonesia masih banyak yang terperangkap ke investasi bodong dengan skema ponzi. Iming-iming keuntungan cepat dan banyak jadi andalan para penipu menjerat korban. Nilai penipuannya pun fantastis, hingga triliunan rupiah!

Diketagui, Ponzi merupakan skema penipuan yang terkenal. Walaupun sudah banyak literasi tentang Ponzi, namun tetap “paten” menipu masyarakat Indonesia. Apa itu skema Ponzi dan bagaimana caranya memanipulasi korban?

Skema Ponzi adalah penipuan investasi di mana klien dijanjikan keuntungan besar dengan sedikit atau tanpa risiko yang didasarkan pada layanan manajemen investasi bodong (tak berizin).

Pada dasarnya, investor memberikan uang kepada “manajer portofolio” yang menjanjikan pengembalian yang tinggi. Kemudian ketika investor tersebut menginginkan uang mereka kembali, mereka akan dibayar dengan dana masuk yang diberikan oleh investor berikutnya. Begitu seterusnya dan seterusnya.

Orang yang mengorganisir penipuan jenis ini bertanggung jawab untuk mengendalikan seluruh operasi, di mana mereka hanya mentransfer dana dari satu klien ke klien lain dan tidak melakukan aktivitas investasi nyata.

Berita terkait