Kemenag Resmi Rilis Buku Tuntunan Ibadah Haji 2024

  • Whatsapp
Foto: AP/Amr Nabil

Jakarta,- Kementerian Agama (Kemenag) kini telah merilis buku panduan yang berisi tuntunan dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci bagi jemaah haji Indonesia.

Seperti dilansir situs resmi Kemenag, buku tuntunan yang dirilis Kemenag ini terdiri dari tiga buku, yaitu Tuntunan Manasik Haji dan Umrah, Doa, dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah, dan Tuntunan Manasik Haji bagi Lanjut Usia (Lansia).

“Buku ini diharapkan dapat membantu setiap jemaah meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang ibadah haji serta menjadi tuntunan bagi setiap jemaah haji ketika akan berangkat ke Tanah Suci, tiba di bandara kedatangan Arab Saudi, di Makkah, Masyair, dan Madinah serta ketika akan pulang kembali menuju Tanah Air,” demikian keterangan dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Kehadiran buku paket tuntunan haji dan umrah ini merupakan upaya pemerintah mengantarkan jemaah haji dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariah, memahami urutan pelaksanaan perjalanan ibadah haji, dan menjadikan jemaah haji yang mandiri serta tidak bergantung kepada pihak Iain.

Masyarakat dapat mengunduh buku tuntunan tersebut secara gratis. Berikut informasi link unduh buku tuntunan haji dan umrah tahun 2024 resmi dari Kemenag:

Buku Tuntunan Haji dan Umrah 2024

Buku tuntunan manasik haji dan umrah tahun 2024 ini terdiri dari informasi seputar persiapan hingga peberangkatan dan perjalanan haji juga umrah, tata cara pelaksanaan dalam ibadah manasik haji dan umrah, hikmah dari ibadah haji dan umrah, tempat-tempat ziarah di Tanah Suci, hingga tanya-jawab seputar ibadah haji dan umrah.

Buku Tuntunan Haji 2024 Bagi Lansia

Untuk buku tuntunan manasik haji dan umrah bagi lansia ini berisi informasi mulai dari seputar prinsip kemudahan dan keringana beribadah dalam Islam, tata cara dan niat ihram haji dan umrah, tata cara wudhu dan tayamum, tata cara salat dan salat jamak, tata cara wukuf, tata cara sa’i, hingga tahallul. ***

Sumber: detik.com

Berita terkait