PDIP Belum Tentukan Gabung Pemerintahan Prabowo, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Foto: Masinton Pasaribu (Ari Saputra)

Jakarta,- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga saat ini belum menentukan untuk bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Hal tersebut diambil karena ada beberapa pertimbangan. Ketua Organizing Committe Rakernas V PDIP, Masinton Pasaribu mengatakan, masih menunggu Presiden terpilih dilantik hingga pemerintahannya terbentuk.

Dia awalnya bicara terkait keputusan di dalam atau di luar Pemerintahan merupakan keputusan yang bersifat strategis. Karena itu, dia menyebut itu akan diputuskan dalam kongres partai.

“Posisi politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang akan datang, merupakan hal yang bersifat strategis, dan selama ini selalu diputuskan dalam Kongres Partai,” kata Masinton saat dihubungi, Senin (27/5/2024).

Selain itu, Politisi PDIP ini menyebut Ketumnya Megawati Soekarnoputri menganggap politik merupakan seni bernegara. Oleh karenanya, dia menyebut segala keputusan harus dipertimbangkan secara rasional.

“Politik adalah seni yang melibatkan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi bagaimana suatu negara atau pemerintahan yang akan datang dijalankan. Sebagai seni bernegara, Bu Mega dalam mengambil keputusan yang bersifat strategis pastinya atas pertimbangan rasional dan yang terbaik buat masa depan demokrasi yang saat ini mengalami kemunduran,” ucapnya.

Lebih lanjut, Masinton juga mengungkap PDIP belum mengambil keputusan karena Presiden terpilih belum dilantik. Pemerintahannya, kata dia, juga belum terbentuk.

“Presiden terpilih belum dilantik (definitif) dan pemerintahannya juga belum terbentuk,” imbuhnya.

Berita terkait