Presiden Jokowi Resmikan Modeling Budidaya Ikan Nila Salin di Karawang

  • Whatsapp
Foto: Presiden Joko Widodo saat acara peresmian Tambak Budi Daya Ikan Nila Salin (BINS) di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budi Daya (BLUPPB) di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langusng meresmikan modeling kawasan tambak budi daya ikan nila salin, yang berlokasi di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut terlihat dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan banyak lahan tambak udang di Pantai Utara Pulau Jawa yang telah lama kosong. “Idle, tidak ada kegiatannya di sana, ada 78 ribu hektare sepanjang dari Serang sampai Banyuwangi, dari Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, 78 ribu hektare tambak yang idle,” ujarnya.

“Yang akan kita siapkan, karena kalau untuk tambak udang sudah nggak mungkin lagi dan yang paling mungkin sekarang ini adalah ikan nila dipakai untuk tambak ikan nila, yang memiliki demand pasar dunia yang sangat besar sekali,” lanjutnya.

Menurut Jokowi, demand pasar dunia terhadap ikan nila tahun ini mencapai US$ 14,4 miliar atau kurang lebih Rp 230 triliun. Potensi yang sangat besar.

Berita terkait