Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Bromo

  • Whatsapp
Foto udara kondisi kebakaran di Gunung Batok Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2024). Tim Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhut) TNBTS bersama tim gabungan dari masyarakat, TNI dan Polri masih berusaha melakukan pemadaman api di Gunung Batok, penyebab kebakaran kawasan tersebut masih dalam proses penyelidikan. ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya/wpa.

Jakarta,- Kebakaran hutan kembali terjadi di area Gunung Batok, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan sejak Selasa, 18 Juni 2024.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan kebakaran terjadi sekitar pukul 17:30 WIB di Desa Mororejo, Podokoyo dan Dusun Kandangsari.

Api dengan cepat menyebar di area hutan yang kering karena musim kemarau yang berkepanjangan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan pihak berwajib masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran tersebut.

“BPBD Kabupaten Pasuruan telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan kebakaran,” kata Muhari dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/6/2024).

Tim gabungan melanjutkan proses pemadaman dan pembasahan menggunakan alat gepyok dan jetshooter. “Upaya evakuasi dan perlindungan warga di sekitar lokasi telah dilakukan untuk memastikan keselamatan penduduk setempat,” ujarnya.

Berita terkait