Kepala DLH Palu Resmi Buka Seminar Akhir Penyusunan DIKPLHD

  • Whatsapp

Palu,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Muhammad Arif mewakili Wali Kota Palu membuka acara seminar akhir penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup daerah (DIKPLHD) Kota Palu tahun 2023.

Kegiatan kali ini berlangsung pada Senin (29/07/2024) ini bertempat di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Kadis yang membacakan sambutan tertulis wali kota mengatakan, salah satu faktor kunci untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah tersedianya data dan informasi lingkungan yang tersaji secara baik bagi seluruh pihak. 

Karenanyalah keberadaan DIKPLHD ini menjadi penting, agar data dan informasi mengenai lingkungan hidup dapat tersedia dan terakses dengan stándar yang baik.

Menurut Kadis, lingkungan hidup memiliki keterbatasan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, jika digunakan secara terus menerus maka lingkungan  tidak akan  dapat berfungsi  lagi,  untuk mendukung kehidupan makhluk hidup didalamnya.

Disisi lain pembangunan artifisial dan lingkungan hidup sama sama dibutuhkan  untuk kelangsungan hdup, namun tak jarang  antara pembangunan dan lingkungan hidup tidak seiring sejalan.

“Pembangunan menjadi tekanan terhadap lingkungan  karena cenderung menurunkan  kualitas lingkungan hidup, maka dari itu perencanaan pembangunaan  yang sesuai daya dukung dan daya tampung serta berprinsip berkelanjutan perlu didukung  dengan data terkait kondisi  lingkungan saat ini,” ujar Kadis.

Berita terkait