Pilgub Sulteng 2024: Zig Zag Calon dan Parpol Jelang Daftar di KPU

  • Whatsapp

JAKARTA,- Mengapa pemilihan kepala daerah di Provinsi Sulawesi Tengah jadi makin menarik di pentas nasional? Dulu kan yang pusat perhatian paling Sulsel atau Sulut. Karena dua provinsi itu pendapatan daerahnya teratas di pulau selebes.

Sulteng, ibarat raksasa yang bangun dari tidurnya. Isi buminya keluar dan dibutuhkan dunia. Nikel, emas, gas, pasir dan batu, batu kapur bahan olah nikel, perkebunan, dan kelapa sawit. Sulteng urutan keempat investasi nasional dan luar negeri se Indonesia. Rp118 triliun tahun 2023. PAD naik menjadi Rp2 triliun.

Wajar beberapa kepala daerah kabupaten, kota dan provinsi di tengah pulau Sulawesi jadi incaran semua kalangan. Jadi perhatian para bohir. Bagai pusaran. Semakin kuat tekanan, semakin besar gerak, makin cepat pusaran. Otomatis volume pusaran membesar serta meluas. Demikian teori fisika.

Pendaftaran Balon KD sesuai PKPU RI Nomer 08/2024 terbaru Agustus, atau bulan depan. Wajar pusaran makin kuat tekanannya dan volumenya meluas di pekan pertama Juli ini. Kita bahas bakal calon gubernurnya. Ada Ahmad Ali, Anwar Hafid, Hidayat Lamakarate, Irwan Lapatta dan sesuai abjad terakhir adalah Rusdi Mastura, sang inkamben.

Ahmad Ali. Mendapat rekomendasi Partai Gerindra. PAN sudah pastikan B1 KWK, ditulis beberapa media online. AA menyebut depan relawannya di Hotel Santika Palu, ada PKB, PKS, Nasdem dan menyusul partai lainnya. Menurutnya, dirinya Balongub paling aman dan sejak Rabu sudah keliling menyapa warga Kabupaten Parigi Moutong sebagaimana jadwalnya yang diterima redaksi.

Berita terkait