Profil Rizki Juniansyah, Sang Peraih Emas Kedua Indonesia di Olimpiade 2024

  • Whatsapp
Atlet angkat besi Indonesia Rizki Juniansyah meraih medali emas kedua Indonesia di ajang Olimpiade Paris, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB. Ia mencatat total angkatan 354 kg di kelas 73 kilogram, mengungguli lawan-lawannya dari Thailand dan Bulgaria (Foto: RRI/Danang Sundoro)

Rizki memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024 setelah menjadi juara pada ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand, pada 4 April 2024.

Dalam ajang bergengsi tersebut Rizki sukses mencatatkan total angkatan 365 kilogram dengan perincian 164 kg di angkatan snatch dan 201 kg saat clean & jerk. Berat beban 201 kg pada saat clean & jerk bahkan membuat Rizki memecahkan rekor dunia.

Bukan sekali ini saja pemuda 20 tahun itu meraih medali dan memecahkan rekor dunia. Nama Rizki sudah kesohor sejak level junior dan kerap menjadi andalan Indonesia dalam olahraga angkat besi.

Tampil kali pertama mengenakan kostum berlambang garuda dan bertuliskan Indonesia pada 2019 di Kejuaraan Asian Youth Championship, Rizki menyumbang perak saat berlaga di kelas 67 kg.

Setahun berselang, Rizki naik ke kelas 73 kg. Berlaga di kelas baru pada Asian Junior Championship, Rizki belum bisa meraih medali.

Tak patah arang, setahun kemudian namanya mencuat dengan meraih emas di Kejuaraan Dunia Junior dengan meraih emas dan membukukan rekor dunia. Rizki terbukti konsisten meraih prestasi dengan memborong medali dan membuat rekor di Islamic Solidarity Games 2021.

Rizki yang menjajal kelas 81kg di ajang SEA Games 2021 juga terbukti bisa menyumbang medali perak.

Berita terkait