Debat Cagub-Cawagub Sulteng 2024: Rusdy Mastura Beri Leluasa Wagub di Panggung

  • Whatsapp

Jakarta,– Debat publik pertama live di televisi nasional, Metro TV di studio 5 Indosiar, malam ini 16 Oktober 2024 di Jakarta.

Mengenai hal itu, Tim Koalisi Sangganipa berpandangan, bahwa Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto membuktikan diri kedua pasangan calon solid, saling memberi kesempatan yang menunjukkan kemampuan keduanya dan pola kepemimpinan yang dwitunggal, tidak dominan nantinya bila menjabat.

Beberapa cacatan penting yang dapat disimpulkan bahwa berdebat mesti by data, agar tidak argumentasi kosong dan bombastis. Soal pertumbuhan ekonomi yang tidak sesuai tingginya angka kemiskinan. Jelas data menjelaskan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah meningkat diiringi penurunan kemiskinan, terbebasnya tiga kabupaten dari status tertinggal menjadi non tertinggal.

‘’Mesti dengan data bila menyebut angka angka. Karena itu biar tidak bias,’’ jawab Cagub Rusdy Mastura menjawab Cawagub nomer satu Abdul Karim Aljufri.

Demikian juga ketika menanggapi pertanyaan Cagub Ahmad Ali. Menyebut ‘bagaimana ceritanya’ membangun jalan desa 360 KM, karena itu kewenangan pemerintah daerah kabupaten dan kota. Cudy, dengan lantang menjawab bahwa itu dapat dilakukan dengan intervensi provinsi sepanjang tidak melanggar ketentuan perundang-undangan.

‘’Dan itu bagian dari keperpihakan dan kerjasama pemprov dengan pemkab. Ada kelembagaan namanya dinas Perkintam. Harus baca data,’’ tembak Cudy dengan tertawa.

Berita terkait