33 Rumah Di Desa Bahomante Terendam Banjir

  • Whatsapp
banner 728x90

AKIBAT HUJAN Deras yang mengguyur wilayah Bungku, Rabu (03/05/2017) di wilayah Bungku, sedikitnya 33 rumah warga di Desa Bahomante Kecamatan Bungku Tengah terendam banjir. Tak hanya rumah, Sekolah dasar Negeri (SDN) Bahomante juga terendam air setinggi 1 meter, namun beruntung saat Subuh air mulai surut sedikit demi sedikit, para murid. Pun terpaksa harus diliburkan dan hanya bekerja bakti membersihkan lumpur dan menyelamatkan buku-buku yang terendam air.

Salah seorang guru, Sri Lapangi mengungkapkan kekhawatirannya jika hujan deras turun lagi, maka banjir bisa saja kembali terjadi dan dapat mengganggu proses belajar mengajar, apalagi dalam waktu dekat, sekolah tersebut akan melaksanakan Ujian Nasional (UN).

Ia mengatakan bakal segera melakukan koordinasi dengan pihak dinas Pendidikan Daerah untuk menyiapkan solusi jika banjir datang lagi. “Hari ini terpaksa kami liburkan anak-anak dan bekerja bakti membersihkan lumpur di seluruh ruangan, kami masih khawatir kalau banjir datang lagi karena sekolah ini akan dijadikan tempat UN untuk dua sekolah, tapi secepatnya kami. Akan melakukan koordinasi dengan pihak dinas” jelasnya.

Hasil pantauan media di lapangan, puluhan warga yang rumahnya terendam banjir terlihat tengah membersihkan rumahnya dan mengemasi barang-barang yang masih bisa terselamatkan. Belum diketahui berapa jumlah kerugian yang dialami masyarakat, namun pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali, dalam hal ini Asisten III, Wahid Hasan dan Camat Bungku Tengah telah melakukan peninjauan lokasi. Tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) juga telah dipersiapkan untuk berjaga-jaga jika terjadi banjir susulan. **

Reporter: Bambang sumantri

Berita terkait