• Whatsapp
banner 728x90
Dihadiri Ratusan Aparat Pemdes dan Ibu PKK

Dihadiri ratusan aparat Pemerintah (Pemdes) desa ibu-ibu PKK sekabupaten Parmout, Bupati Kabupaten Parmout, Samsurizal Tombolotutu resmikan pembukaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIV tingkat Kabupaten Parmout di Desa Ogoansam Kecamatan Palasa, Sabtu (13/5). Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK  ke-45.

Bupati Parmout, Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya antara lain  mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan semangat gotong royong, sehingga pekerjaan yang beratpun akan menjadi ringan karena dikerjakan secara bersama-sama.

“Tingkatan terus semangat gotong royong. Gotong royong merupakan kekuatan besar budaya masyarakat, sehingga apapun yang kita kerjakan meskipun berat akan terasa lebih ringan jika dikerjakan secara bergotong royong,”ujar Samsurizal.

Samsurizal juga menghimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan etos kerja. Tanpa bermaksud mengecilkan etos kerja penduduk lokal Parmout, Dia menghimbau masyarakat untuk meniru etos kerja warga Kabupaten Parmout yang berasal dari daerah lain yang rata-rata sudah berhasil meningkatkan perekonomiannya.

“Saya mengajak  keluargaku agar meniru etos kerja saudara-saudara kita dari daerah lain yang sudah berhasil meningkatkan kesejahteraan keluarganya di daerah ini. Mereka mampu bekerja hingga sembilan jam sehari sedangkan keluargaku yang merupakan penduduk lokal rata-rata hanya bekerja tiga sampai empat jam sehari. Itu hasil pengamatan saya yang pernah lama menjadi pengamat militer. Tingkatkan etos kerja agar kesejahteraan juga meningkat,”harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMD) Kabupaten Parmout, Drs Moh Sudarmin Tombolotutu,MSi selaku penanggungjawab kegiatan dalam laporannya mengatakan, tujuan dari kegiatan BBGRM adalah untuk meningkatkan kepedulian serta peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong terutama dibidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya, agama dan lingkungan hidup.

“Kegiatan melibatkan seluruh kepala desa, LPMD dan TP-PKK se Kabupaten Parigi Moutong dan juga melibatkan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Palasa khususnya di Desa Ogoansam,”ujarnya.

Moh Sudarmin yang akrab dipanggil Evis ini menambahkan, sasaran kegiatan tersebut adalah peningkatan kesadaran masyarakat di Kabupaten Parmout akan pentingnya peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Pada kesempatan itu Bupati bersama para pejabat lainnya melakukan penanaman pohon kelor serta membagikan bibit cabe yang para camat. Bibit cabe selanjutnya akan dibagikan kepada para kepala desa lalu diteruskan ke masyarakat untuk ditanam di halaman rumah masing-masing. Selain itu juga digelar lomba masak serba ikan yang diikuti oleh TP-PKK dari seluruh kecamatan.

Turut hadir pada kegiatan itu Ketua TP-PKK Parmout, Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu yang sekaligus membacakan sambutan tertulis Ketua Umum TP-PKK, dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Editor: Fharadiba

Berita terkait