Resiko Pekerja Pemasang Listrik Tegangan Tinggi

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- KOKO, Salah seorang teknisi pemasang Aliran listrik bertegangan tinggi di Jl. Soekarno-Hatta, depan Palu Square, yang di jumpai oleh kaili post saat mamasang Kabel Bertagangan Tinggi pada kamis (22/6/2017) kemarin. Koko, mengatakan bahwa dirinya tidak takut lagi dengan kabel yang bertegangan tinggi tersebut, karena menurutnya, kabel yang memiliki aliran listrik cukup besar tersebut apabila tidak disentuh, maka tidak akan apa-apa. Sekalipun cukup beresiko, namun itu adalah tuntutan pekerjaan yang harus dikerjakannya, kata dia.

Ia juga menambahkan bahwa pekerjaan yang berbahaya ini, membutuhkan kehati-hatian yang cukup tinggi, dan juga harus fokus, sehingga bisa mengurangi resiko kecelakan. Sebab, kata dia bila sedikit saja lalai dalam pekerjaan ini, jadinya bisa fatal. Bagaimana tidak kata dia, bekerja memasang Aliran listrik bertegangan tinggi dengan Arus Listrik yang terus berjalan, tentunya punya resiko tersendiri, mungkin karna sudah terbiasa jadi tidak takut lagi, katanya.

Fandy yang juga salah seorang teknisi menjelaskan bahwa yang di pasang di atas tiang listrik tersebut ada Breket dimana berfingsi sebagai penahan kabel yang akan dipasang. Jadi, terang fandy jalur kabel yang akan dipasang ini ada dua jalur. Jalur pertama ada di bagian atas, yang sekarang ada Aliran listriknya(Strom), dan jalur kedua yaitu yang baru di pasang sekarang ini. Terang fandy dilokasi pemasangan aliran listrik Bertegangan tinggi tersebut.

Fandy juga menyampaikan bahwa untuk jaminan kesehatan dan keselamatan kerja bagi para pemasang instalasi listrik tegangan tinggi tersebut di jaminkan oleh perusaan PT Budi Jaya Citra Utama yang beralamat di Jl. Pulau Halmahera Palu.

Sehingga apabila terjadi sesuatu kepada kami perusahaan akan bertanggung jawab. Ia juga manambahkan bahwa semuanya dijaminkan oleh perusahaan tempatnya bekerja tersebut, baik, kesehatan, keselamatan, tunjangan, santunan dan lain-lain, semua di tanggungkan, tutup Fandy.**

reporter: bebi masmun

Berita terkait