Desa Kuku Dicanangkan Sebagai Kampung Durian

  • Whatsapp
PENCANANGAN KAMPUNG DURIAN, Wakil Bupati
Poso, Ir.Samsuri, menilai pengembangan komoditas durian oleh di Desa Kuku, didukung
oleh potensi lahan yang masih cukup luas, dengan harapan bisa menjadi sentra
produksi durian di Kabupaten Poso. (FOTO: HUMAS)   

Reporter/Editor : Darwis Waru 
POSO,- PEMUKULAN Gong oleh Wakil Bupati Poso, Ir.Samsuri,M.Si, menandai pencanangan Desa Kuku, Kecamatan Pamona Utara, sebagai ‘kampung durian’. Dalam kegiatan yang berlangsung, pagi kemarin, Rabu, 26-9/2017,  dihadiri oleh para kepala OPD terkait, tim kajian akademis kampung durian, unsur Tripika Kecamatan Pamona Utara, Kepala Desa Kuku, Christian Galamba, bersama warga masyarakat dan undangan lainnya. 
Kepala Dinas Pertanian, Ir. Heningsih. E. G. Tampai, M.Si, dalam laporannya  mengatakan, penetapan Desa Kuku sebagai pusat pengembangan agrobisnis durian, didasari oleh kondisi desa yang terdapat beberapa jenis durian unggulan spesifik yang tidak terdapat di kawasan lainnya, yaitu durian boba, durian nona, durian woyo, durian nangka dan durian gajah. 
“Sebelum dilakukan pencanangan kampung durian ini, kami telah melakukan beberapa kegiatan awal, diantaranya survei lokasi bersama Kepala Desa Kuku bersama aparatur desa, serta warga masyarakat lainnya, termasuk pertemuan dengan para akademisi dari Universitas Sintuwu Maroso Poso, untuk penyusunan study kelayakan”, kata Herningsih Tampai, dihadapan sejumlah undangan. 
Ia menambahkan, untuk menyukseskan programkan kampung durian, pihaknya juga akan mengusahakan jalan usaha tani dan pembangunan saung (kandepe), sehingga kawasan tersebut bisa secara tidak langsung mendukung sektor pariwisata di kabupaten poso. 
Sementara itu, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si dalam sambutannya menilai, pengembangan komoditas durian adalah langkah tepat, karena didukung oleh potensi lahan yang masih cukup luas, sehingga kedepan kawasan ini menjadi sentra durian di Kabupaten Poso. 
Usai memberi sambutan dan pemukulan gong, dilanjutkan dengan penanaman durian secara perdana oleh Wabup, diikuti oleh Dandim.1307 Poso Letkol. Inf. Dody Triyo Hadi, S.Sos, Wakil Ketua DPRD kabupaten Poso, Suharto Kandar, SE bersama anggota, beserta pejabat lainnya yang sempat hadir.** 

Pos terkait

banner 580x60