Gubernur Dorong PSBI Sulteng

  • Whatsapp

    

SULTENG,- 14 Kelompok Tani di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Sigi, Parigi Moutong dan Donggala menerima bantuan Alsinta 11 unit hand traktor. Tiga unit kultinator dan empat unit pompa air dari Program Sosial BI tahun 2017. Kegiatan itu dihadiri dan penyerahannya dilakukan langsung Gubernur Longki Djanggola bersama Kepala Perwakilan BI  Perwakilan Sulteng Mulioto. Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Oloboju Dusun Bulupountu Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi (15/09/2017) lalu.

Muat Lebih

Mulioto menyampaikan bahwa bantuan Alsinta kepada kelompok tani sebelumnya telah diverifikasi BI. Pemberian Alsinta di Desa Oloboju Dusun Buluponto sehubungan desa itu sudah ada keterkaitan kerjasama dengan BI sebelumnya. BI melalui program sosialnya melakukan kegiatan memberikan bantuan pada bidang pertanian berupa pemberian Alsinta dan bantuan pembuatan embung dan pipanisasi juga memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik. Selain itu juga memberikan bantuan di bidang pendidikan dan juga bantuan pelatihan pada pelaku dunia usaha UMKM.

Sesuai tugas BI, sebagai stabiltas moneter dan stabilitas keuangan, berdasarkan kegiatan intelijen BI  bahwa stabilitas keuangan di Sulteng sangat baik. Kredit bermasalah di Sulteng di bawah 3 %. Dengan batas maksimun 5 %. Demikian juga kondisi keuangan rumah juga sangat baik. Pertumbuhan ekonomi Sulteng tertinggi, untuk itu diharapkan dapat dipertahankan. Selain itu pemberian Alsinta yang dilakukan BI merupakan upaya pengendalian inflasi.

Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulteng Tri Lamakampali menyampaikan apresiasi atas pemberian bantuan sosial BI kepada petani. Hal ini sangat dibutuhkan petani untuk dapat meningkatkan luas tanam dan juga mengurangi biaya produksi dalam peningkatan produksi hasi pertanian.

Kadis menyampaikan kelompok tani penerima bantuan ini sangat beruntung karena bantuan yang diterima kelompok tani ini dapat dimiliki dan dimanfaatkan seterusnya. bantuan Alsinta yang bersumber dari APBN tidak dapat dimiliki langsung petani atau kelompok tani tetapi hanya dapat di pinjam pakai.

Demikian juga bantuan Alsinta dari APBD yang diberikan propinsi sifatnya hanya berupa sewa. Terakhir Kadis menyampaikan terkait dengan Kartu Petani  akan efektif tahun 2018. ‘’Saat ini sudah dilakukan verifikasi kepada 118 ribu petani yang menerima dan sudah selesai di verifikasi sebanyak 20 %.’’ Tandasnya.

Gubernur Longki Djanggola menyampaikan apresiasi pada Gubernur BI demikian juga kepada kepala perwakilan BI Sulteng yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat petani berupa Alsinta. Alsinta sangat dibutuhkan petani guna meningkatkan prodiktifitas hasil pertanian. Terlebih bantuan Alsinta juga dikaitkan dengan pengendalian inflasi.

Gubernur berharap BI ke depan bantuan kiranya dapat ditingkatkan terutama untuk beberapa kabupaten yang memiliki potensi yang sangat besar pada bidang pertanian. Longki berharap ke depan pertumbuhan ekonomi Sulteng sumbangsih dari sektor pertanian. Saat ini masih sektor pertambangan.  Lebih jauh Gubernur mengharapkan Kadis tanaman pangan dan holtikultura, Kadis Perkebunan dapat meningkatkan NTP Sulteng sampai di atas 100. ‘’Karena secara nasional kinerja kita pada bidang pertanian dinilai dari NTP.’’ Ujar gubernur. **

Sumber/Editor: Humas Pemprov/Andono Wibisono  

Pos terkait

banner 580x60