Kantor Imigrasi Segera Hadir Di Morowali

  • Whatsapp
banner 728x90

MOROWALI,- PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Morowali menggelar pertemuan dengan pihak Imigrasi RI dan Imigrasi klas III Banggai di aula dinas Keuangan kompleks perkantoran Bumi Funuasingko, Kamis (07/9/2017).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertermuan antara Dirjen Imigrasi RI bersama Pemkab Morowali tentang pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan tenaga kerja lokal yang akan diawasi langsung oleh Imigrasi kelas III Banggai, dan dalam waktu dekat akan segera membuka kantor unit kerja baru di Kabupaten Morowali.

Pihak Dirjen Imigrasi RI bersama Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, serta Imigrasi klas III Banggai juga melakukan peninjauan lokasi kantor Imigrasi yang bertempat di kompleks perkantoran Bumi Funuasingko Kecamatan Bungku Tengah.

Peninjauan lokasi dihadiri oleh Direktorat Jenderal Imigrasi RI bersama rombongan, Kepala Divisi Imigrasi Kepala Kantor Imigrasi klas III Banggai yang didampingi oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Morowali, Mohammad Jafar Hamid, Assisten I Bambang S Soerodjo, Plt Kepala Dinas Perhubungan serta sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham wilayah Provinsi Sulteng, Sumantri Sihite dalam wawancara mengatakan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya di Morowali adalah untuk melihat secara langsung lokasi yang telah disediakan oleh Pemkab Morowali yang nantinya akan dijadikan sebagai kantor unit kerja kantor Imigrasi klas III Banggai di Kabupaten Morowali. “Dalam waktu dekat kita akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik WNI maupun WNA” katanya.

Ditambahkan, setelah dilakukan penandatanganan surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Morowali dengan pihak Dirjen Imigrasi, secepatnya akan dibuka Kantor unit kerja Imigrasi di Kabupaten Morowali. Sementara, untuk pegawai yang akan dipekerjakan di Kantor tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak pusat. “Yang pasti untuk urusan pegawai administrasi, kami akan menggunakan jasa para pegawai tetap dari Pemkab Morowali” ungkapnya.

Terpisah, Sekkab Morowali berharap agar dengan hadirnya kantor unit kerja Imigrasi di Kabupaten Morowali akan dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan TKA yang saat ini banyak bekerja di Kabupaten Morowali khususnya di Perusahaan PT IMIP Group. “Saya sangat berharap, dengan hadirnya kantor unit kerja Imigrasi di Morowali dapat mengatasi masalah TKA, utamanya mengenai IMTA,” tandasnya.

Reporter/Biro Morowali: Bambang Sumantri

Berita terkait