Terpilih Sebagai Demplot Kajian Padi Organik

  • Whatsapp
banner 728x90
DESA TINDAKI

Reporter/Biro Parmout : Fharadiba

PARMOUT,- DESA Tindaki Kecamatan Parigi Selatan dipilih oleh bidang penelitian dan pengembangan (Litbang) pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (bappelitbangda), sebagai demplot atau lokasi uji coba pengembangan padi organik. Kajian pengembangan padi organik ini sudah berlangsung selama satu bulan. Hal ini diungkapkan kepala bidang Litbang pada Bappelitbangda Irwan kepada Kaili Post, saat ditemui diruang kerjanya, baru-baru ini. Irwan mengatakan, Desa Tindaki dipilh sebagai demplot karena dianggap cocok untuk pengembangan padi organik.

Kajian ini dilakukan oleh Litbang bersama akademisi yang dibantu penyuluh dan kelompok tani. “Pengembangan padi organik sudah selesai penanaman, untuk permulaan dipilih Desa Tindaki kecamtan parigi Selatan. Kami bekerjasama dengan beberapa pohak terkait untuk membina kelompok tani yang dijadikan sasaran program,” ujarnya.

Lanjut dia, dua bulan lagi memasuki masa panen, peneliti telah melakukan berbagai tahapan kajian dan memperhatikan dengan detail segala bentuk perkembangan tanaman. Hal ini dilakukan agar padi organik yang dihasilkan benar-benar murni organik atau tidak terkontaminasi sedikitpun dengan jenis tanaman non organik, karena akan dijadikan bahan pertimbangan pemerintah untuk pengembangan.

BACA SELENGKAPNYA DI HARIAN KAILI POST…!

Berita terkait