Babinsa Koramil Pendolo Lakukan Pendampingan Upsus

  • Whatsapp

SEJUMLAH Babinsa yang berada di lingkungan Komando Rayon Militer (Koramil) 1307-11 Pendolo melakukan pendampingan kepada petani wilayah itu guna mendukung program Upaya  Khusus  Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai  (Upsus Pajale).

Hal itu terlihat di Desa Toinasa Kecamatan  Pamona Barat yang masuk dalam wilayah kerja Koramil 1307-11 Pendolo.

Babinsa Desa Toinasa, Sertu Barnabas  mengatakan  pendampingan Upsus Pajale tersebut dilakukan dalam rangka tahap perawatan dengan melaksanakan penyemprotan hama di kelompok Tani Bangun Sejahtera  yang diketuai Bareta salah seorang petani di desa tersebut, dengan luas lahan  kurang lebih 1 hektar.

“Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan dari petani setempat,” ujarnya, Kamis (17/1/2019).

Hal serupa dilakukan Babinsa Desa Salukaia Kecamatan  Pamona Barat, Serda Alfrian Djeo, di wilayah itu Babinsa setempat melaksanakan pendampingan Upsus di kelompok Tani Loba dengan melaksanakan  tahap pengolahan atau persiapan penanaman padi, milik ketua kelompok tani  Gede S, seluas kurang lebih 1,50 hektar.

Danramil 1307-11 Pendolo, Letda Inf. Sonny Sukirno  mengatakan, Babinsa  selalu berupaya maksimal dalam melaksanakan Upsus pendampingan petani dalam menyukseskan Program Swasembada Pangan Nasional.

Dikatakannya, hal ini merupakan wujud kepedulian TNI melalui Babinsa terhadap wilayah binaannya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara petani dan Babinsa.

Dijelaskannya, peran Babinsa  dalam meningkatkan Produksi Pajale adalah sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan pertanian, pengelolaan sawah dengan petani atau kelompok tani.**

Reporter/Poso: Ishaq Hakim

Berita terkait