FAO Berikan Bantuan Alat Tangkap ke Nelayan Donggala

  • Whatsapp
Nelayan Donggala Menerima bantuan alat tangkap dari PBB di anjungan Goneganti Donggala, Rabu (28/08/2019)
banner 728x90
1533 Nelayan Donggala akan
mendapat sosialisasi perikanan
 

Nelayan di kabupaten Donggala yang terdampak bencana menerima bantuan alat tangkap untuk perikanan skala kecil dari The Food and Agriculture Organization (FAO), Organisasi Pangan dan Pertanian PBB.

Penyerahan bantuan kepada nelayan yang ada di kabupaten donggala berlangsung di anjungan gonenggati yang berada di kelurahan kabonga kecil kecamatan banawa, Rabu (28/08/2019).

Kepala Dinas Perikanan Ali Assagaf. S.PI mengatakan sejak terjadinya gempa dan tsunami, banyak lembaga non pemerintah yang sudah membantu Kabupaten Donggala antara lain FAO, Wahana Fisi dan Pemerintah Kota Surabaya.

Alhamdulillah di sembilan kecamatan di Kabupaten Donggala,yang terdampak bencana gempa dan tsunami sudah tersentuh oleh lembaga non pemerintah tersebut.

Pada hari ini juga, masyarakat yang terdampak gempa bumi dan tsunami dari Kabupaten Donggala sebanyak 1.533 nelayan dan Kota Palu kurang lebih 1.117 nelayan sehingga total keseluruhan sekitar 2.650 nelayan akan mengikuti sosialisasi, agar kedepannya calon penerima bantuan mendapat informasi yang tidak kabur.

Disela-sela acara tersebut Direktur Jendral Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan Mohammad Zulficar Mochtar menyampaikan beberapa hal antara lain bagaimana upaya PAD juga bisa masuk?

Karena ia melihat diberbagai daerah di Indonesia umumnya, tidak punya upaya untuk mengembangkan perusahaan-perusahaan daerah yang berfokus kepada bidang perikanan.

“Kalau kita hitung-hitung perkembangan untuk perusahàan, ini sangat potensial untuk dimanfaatkan bagi perkembangan perikanan, jadi dengan begitu nelayan dapat daerah juga dapat berkembang”. Karena kalau hanya nelayan yang dapat, daerah tidak dapat akibatnya daerah akan susah untuk berkembang. Untuk itu kita perlu bersinergi dan duduk bersama-sama untuk membangun daerah,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut bantuan diserahkan langsung oleh Asisten FAO, Dirjen Perikanan Tangkap, Sekretaris Provinsi, Wakil Bupati Donggala, Kadis Perikanan Provinsi, Kadis Perikanan Kota Palu dan Kadis Perikanan Kabupaten Donggala.

Juga diserahkan secara simbolis bantuan perikanan pemerintah (Kartu Kusuka, kartu asuransi nelayan, klaim asuransi nelayan  dan kredit mikro nelayan) yang diserahkan langsung oleh Dirjen Perikanan Tangkap, Sekretaris Provinsi, Wakil Bupati Donggala dan Kadis Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah. ***

Reporter: Syamsir Hasan

 

Berita terkait